Sabtu, 26 Agustus 2017

Manfaat Minum Kopi

Ada info menarik nih bagi anda yang gemar minum kopi. Kopi memang sudah ada sejak tahun 800 SM, terutama bangsa Arab saat itu mengkonsumsi kopi sebagai minuman penambah energi untuk melaksanakan ibadah pada malam hari. Nah apa aja sih manfaat minum kopi selain untuk menambah energi, berikut ini beberapa manfaat minum kopi bagi anda yang gemar minum kopi.

sumber gambar: kedaikopi51.wordpress.com

1. Meningkatkan Energi dan Kinerja Otak
    Kandungan kafein dalam kopi memengaruhi kinerja otak dan menghasilkan efek rangsang psikoaktif yang baik bagi tubuh. Kafein dari kopi akan diserap darah dan sampai ke otak—tempat kafein akan memblokir adenosine—sehingga neurotransmitters, seperti norepinephrine dandopamine, bertambah. Alhasil, otak bisa bekerja maksimal. Kopi juga mendukung fungsi kognitif otak sehingga ingatan lebih kuat, mempertajam emosi, meningkatkan kewaspadaan, serta fungsi kognitif otak.

2. Mengurangi Risiko Diabetes 
    Bagi penderita diabetes, memang disarankan agar tidak mengkonsumsi kopi (apalagi kopi manis dengan gula yang banyak). Sebab, konsumsi kopi dapat meningkatkan kadar gula darah. Alih-alih mengatasi, justru memperburuk. Namun tidak demikian dengan non-penderita diabetes, kafein justru diduga menurunkan risiko terkena penyakit diabetes pada non-penderita. Tapi bukan berarti konsumsi kafein boleh tak terbatas. Pada orang dewasa yang tidak menderita diabetes, konsumsi kafein dibatasi hanya sampai 400 mg per hari.

3.Menurunkan Risiko Kematian
    Iini berdasarkan penelitian dari National Institutes of Health – AARP Diet dan Studi Kesehatan, riset yang dilakukan dari rentang waktu 1995 sampai 2008 sebanyak 400.000 orang lebih koresponden menyatakan, meminum beberapa cangkir kopi dapat menurunkan risiko kematian sekian persen. Namun perlu diingat, pada orang dewasa, konsumsi kopi dibatasi sampai 400mg per hari saja. 

4. Mencegah Alzeimer
    Alzheimer merupakan jenis kepikunan yang membahayakan karena dapat melumpuhkan pikiran dan kecerdasan seseorang. Kandungan kafein dalam kopi yang mampu meningkatkan kinerja otak dibuktikan oleh ebebrapa penelitian bahwa kafein dalam kopi juga dipercaya mampu mengurangi risiko seseorang terkena demensia Alzheimer. Namun, tetap perlu diingat, konsumsi kopi berlebihan justru dapat membahayakan kesehatan. Konsumsi secukupnya ya.

5. Menekan Angka Depresan dan Bunuh Diri
    Kali ini hasil penelitian dari Harvard School of Public Health pada tahun 2011 yang menyatakan bahwa kafein dapat menurunkan angka depresi sebanyak 20 persen. Bahkan, dengan mencium bau kopi di pagi hari saja dapat membantu mengurangi beban dalam pikiran. Selain itu, kopi juga membuat Anda merasa lebih baik karena lebih kaya akan antioksidan dibandingkan dengan buah-buahan dan sayuran lainnya.

Tidak ada komentar: