Jumat, 01 September 2017

Pengetahuan Dasar tentang Kertas EKG



Sebelum mempelajari lebih lanjut tentang cara interpretasi EKG kita harus mengetahui terlebih dahulu ukuran kertas EKG. Dengan demikian kita akan dapat dengan mudah untuk membedakan antara gambaran EKG normal maupun abnormal dari setiap morfologi gelombang EKG.

Ayo Belajar EKG
 Gambar Kertas EKG

Pada kertas EKG ada dua macam kotak yang harus kita ketahui dan tidak boleh dilupakan. Kotak tersebut adalah Kotak besar dan Kotak kecil. Kotak kecil berukuran 1 x 1 mm. Sedangkan kotak besar adalah ukuran 5 x 5 kotak kecil (5mm).
Ada dua satuan ukuran pada kertas EKG yang harus kita ketahui, yaitu:
1.       Garis vertikal menunjukkan ukuran tinggi gelombang EKG atau voltase maka kita menggunakan satuan mV
2.       Garis horizontal menunjukkan ukuran panjang atau lebar untuk menyatakan waktu gelombang EKG, untuk itu kita menggunakan satuan detik/second (s).

 Hasil gambar untuk kertas EKG
 Gambar Kotak-Kotak dan Satuan Kertas EKG
 
Namun dalam interpretasi kita boleh juga menyatakan satuan tersebut dengan millimeter (mm).
Mesin EKG dalam kaitannya dengan ukuran kertas EKG juga memiliki standar kalibrasi yang sudah di tetapkan secara internasional. Untuk kecepatan harus terkalibrasi 25 mm/second dan tinggi atau voltase nya harus  mV.
Jadi harus di ingat untuk 1 kotak kecil sama dengan 0,04 detik dan 0,1 mV. Ini artinya untuk mendapatkan rekaman EKG selama 1 detik maka sama dengan 25 kotak kecil atau 5 kotak besar. Sebagai contoh dalam prakteknya kita membutuhkan rekaman EKG yang sering disebut lead ISI panjang (selama 6 detik). Maka kita harus merekam lead II sepanjang 30 kontak besar atau 150 kotak kecil.
 
 Gambar Lead Panjang

Semoga pemahaman dasar ini berguna untuk kita semua, karena kedepannya akan banyak sekali langkah-langkah interpretasi EKG dengan menggunakan pengukuran-pengukuran dari dua satuan yang telah dibahas diawal. Terutama untuk interval gelombang satu ke gelombang yang lain.

Tidak ada komentar: