Rabu, 05 Desember 2012

Gambaran Pengetahuan PasienTentang Penyakit Tuberkulosis Paru

ABSTRAK

Tubrkulosis Paru adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh mycobacterium Tuberkulosa. Tuberkulosis Paru menduduki ranking ketiga sebagai penyebab kematian di Indonesia. Bardasarkan data Medical Record Rumah Sakit Umum Daerah Sekayu penderita TB Paru setiap tahun mengalami peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gamabaran pengetahuan pasien tentang Tuberkulosis Paru di poliklinik Paru RSUD Sekayu.


Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan meggunakan tehnik accidental sampling. Data yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan kuesioner dan data sekunder yang diperoleh dari RSUD Sekayu. Responden yang diteliti adalah pasien yang berkunjung ke Poliklinik Paru RSUD sekayu. Waktu pelaksanaan penelitian selama 6 minggu (12 April – 21 Mei 2010).

Hasil penelitian yang diperoleh bahwa pasien sebagian besar mempunyai kategori tingkat pengetahuan kurang sebanyak 42% sedangkan kategori baik sebanyak 26,1% dan kategori cukup sebanyak 31,9%

Saran yang dapat diberikan setelah penelitian dilakukan adalah Perlu diupayakan peningkatan program promosi kesehatan atau penyuluhan kesehatan tentang penyakit Tuberkulosis Paru kepada masyarakat agar dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang penyakit Tuberkulosis Paru. Diharapkan bagi Rumah Sakit perlu menghimbau dan mengadakan penyuluhan tentang penyakit Tuberkulosis Paru yang berkelanjutan kepada pasien saat mereka berobat, sehingga pasien lebih mengenal, dan mengetahui cara penularan dan pengobatan Tuberkulosis Paru.


Download file PDF nya:
               1. Bab I - IV
               2. BabV
               3. Bab VI
               4. Bab VII

Tidak ada komentar: