Senin, 04 September 2017

Pentingnya Mengontrol Tekanan Darah

Hasil gambar untuk hipertensi
sumber gambar: inaheart.or.id

Jaman sekarang kata Hipertensi sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Bagaimana tidak, Hipertensi memang sudah seperti diagnosa terpopuler jika kita lihat di data kunjungan pasien pada hampir seluruh fasilitas kesehatan. Hipertensi ini erat kaitannya dengan gaya hidup. Gaya hidup yang bagaimana sih yang dapat menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi ini. Setidaknya ada tujuh hal yang dapat mencetuskan hipertensi, apa saja? ini dia:  
  1. Terlalu banyak mengkonsumsi natrium / garam
  2. Berlebihan dalam mengkonsumsi gula
  3. Obesitas (kelebihan berat badan)
  4. Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak
  5. Kebiasaan merokok
  6. Mengkonsumsi Alkohol
  7. Stress 
Hipertensi ini merupakan penyakit seumur hidup, artinya jika telah terdiagnosa Hipertensi maka harus selalu mengkontrol tekanan darah dan minum obat secara rutin. Jangan hanya nantinya tekanan darah kita sudah normal terus berhenti minum obat hipertensi, tekanan darah bisa naik lagi dan kalau tidak terkontrol kemungkinan terburuknya bisa terkena serangan jantung maupun stroke.

Ada tips yang penulis kutip dari medscape.com untuk dapat menencegah tekanan darah tinggi, diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Perbanyak latihan fisik seperti aerobik untuk menjaga berat badan ideal dan terhindar dari obesitas
  • Diet rendah garam, lemak dan kolesterol
  • Jangan minum alkohol dan berhenti merokok
  • Selalu rutin untuk mengontrol tekanan darah
Mengukur tekanan darah dapat dilakukan di fasilitas kesehatan maupun secara mandiri dengan alat pengukur darah atau tensimeter. Sekarang ini banyak Tensimeter yang gampang digunakan apalagi untuk orang awam. Tensimeter Digital contohnya, tinggal pencet saja tunggu beberapa saat sudah muncul tekanan darah kita.

Berapa sih nilai normar tekanan darah?
Idealnya tekanan darah normal itu antara 100-120/60-80 mmHg. Dikatakan Hipertensi jika tekanan darah di atas 140/90 mmHg. Dan diantara rentang itu adalah Prehipertensi.

Tidak ada komentar: