Senin, 04 September 2017

Cara Pertolongan Pertama Mengatasi Luka Bakar

sumber gambar:sidomi.com


Saat kulit kita terkena luka bakar misalnya terkena percikan minyak goreng apa yang terlintas di pikiran kita? Ada sebagian orang mungkin akan langsung mengoleskan odol atau pasta gigi. Justru dengan cara ini akan memperparah luka tersebut. Sebaiknya setelah terkena luka bakar kita cepat untuk mengalirkan air dingin, cara ini efektif untuk mencegah terjadinya pembengkakan. Setelah itu oleskan salep antibiotik dan tutup luka bakar dengan kasa agar tidak terkontaminasi bakteri.
Namun ada cara alami yang dapat kita gunakan untuk penanganan luka bakar, bahan-bahan alami tersebut antara lain adalah:
1.       Madu dan kunyit
Madu dan sedikit bubuk kunyit dapat dioleskan pada permukaan kulit yang tidak luka dan tidak berdarah. Dua bahan ini efektif untuk mengurangi efek peradangan pada luka bakar.

2.       Mentimun
Mentimun mengandung vitamin C dan vitamin K yang berguna untuk membantu mengurangi efek peradangan. Selain itu mentimun juga bermanfaat untuk mempertahankan kelembaban kulit. Caranya adalah iris tipis mentimun segar dan tempelkan pada permukaan kulit yang terbakar.

3.       Minyak zaitun
Minyak zaitun dapat dioleskan setiap hari selama beberapa hari untuk mencegah timbulnya jaringan parut pada luka bakar

4.       Susu dingin
Susu dingin ini efektif sekali untuk mengurangi rasa sakit setelah terkena luka bakar.

5.       Lidah buaya
Daging daun lidah buaya membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak karena terkena luka bakar. Selain itu lidah buaya mempunyai efek dingin yang sangat bermanfaat untuk meredakan luka bakar.


Tapi perlu diingat bahwa luka bakar yang dapat di treatment dengan cara di atas adalah luka bakar ringan yang biasanya terjadi di rumah, misalnya yang paling sering adalah terpercik minyak goreng. Jika luka bakarnya lebih dari itu sebaiknya segera di bawa ke tempat fasilitas kesehatan terdekat untuk penanganannya.

Tidak ada komentar: